Fakta Alkohol

3 Tips Sebelum Nongkrong dengan Aman

Baca dulu tips-tips nongkrong berikut supaya tetep bisa gaul bertanggungjawab

Stop Oplosan

Nongkrong pasti jadi kegiatan rutin sama teman kamu kan? Pas nongkrong pasti aja ada teman yang ngajak minum alkohol atau minol. Mau minum minuman atau nggak, memang pilihan masing-masing. Minum boleh aja asal kamu sudah berusia 21 tahun ke atas dan ada batasannya.

Nah, buat kamu yang memilih untuk minum. Kalian wajib waspada, karena belum tentu minuman yang juga sering dikenal sebagai miras ini aman untuk dikonsumsi. Bisa aja mengandung metanol yang bukan untuk dikonsumsi manusia. Nah, supaya kamu bisa nongkong dengan aman, cek dulu tips-tips di bawah ini:

 

#1 Cek minumannya

Kalau kamu memutuskan untuk minum minuman beralkohol, pastikan dulu minumannya legal. Kamu bisa lihat dari kemasannya, misal ada pita cukainya. Lalu, pastikan lokasinya punya izin untuk menjual minuman. Selain itu, kamu juga bisa cek dari harga minumannya. Kalau harganya murah banget, kayak cuma Rp15.000-an, maka kamu harus curiga! Bisa aja isinya alkohol yang dicampur dengan berbagai macam bahan berbahaya bagi tubuh, seperti obat nyamuk cair atau bahan pelarut cat.  Kalau kamu nemu warung atau tempat yang jualan minuman alkohol oplosan, kamu bisa lapor di segera di sini.

 

#2 Jangan pernah menyetir setelah kamu minum

Sebelum kamu memutuskan untuk minum minuman beralkohol, pikirkan dulu, bagaimana kamu akan pulang nanti. Kalau kamu memutuskan untuk minum, lebih baik pulang dengan memesan transportasi online atau minta dijemput sama teman/keluarga. Soalnya, dampak nyetir sambil mabok itu bahaya banget. Nggak cuma buat diri sendiri, tapi juga orang lain.

 

#3 Belajar dari pengalaman orang lain

Buat yang masih bingung dengan keputusannya, belajar dari orang yang pernah pernah minum minol atau malah korban oplosan bisa jadi cara untuk menentukan pilihan. Michael Vembro, anak muda Pamulang yang jadi penyintas oplosan ini berbagi ceritanya di Kursus Gaul Boleh Ceroboh Jangan. Dia dan psikolog dari Universitas Pelita Harapan, Wiwit Perwitasari, mengajak kamu untuk #MikirDuluYuk sebelum mengambil keputusan yang berisiko bagi kesehatan dan ikut-ikutan teman. Yuk, daftar kursusnya sekarang di sini.

 

Itu dia tips-tips untuk kamu yang ingin gaul, tapi tetap bertanggung jawab. Waspada juga dengan oplosan. Pokoknya, apapun pilihanmu untuk minum alkohol atau tidak, jangan merugikan diri sendiri dan orang lain, ya!

 

Sumber: DrinkIq, “Enjoying a Night Out”

   

 

Artikel Lainnya

Pemusnahan Massal Minol Ilegal, Efektifkah?

Fakta Alkohol
Pemusnahan Massal Minol Ilegal, Efektifkah?

Kenapa sering terjadi aksi pemusnahan massal minol ilegal? Apakah dampaknya efektif? Cari tahu di artikel berikut.

BACA ARTIKEL
Harus Tahu! Ini Dia Fakta tentang Legalisasi Cap Tikus di Indonesia

Fakta Alkohol
Harus Tahu! Ini Dia Fakta tentang Legalisasi Cap Tikus di Indonesia

Minuman alkohol tradisional, Cap Tikus, kini sudah legal! Ayo, cari tahu fakta-faktanya berikut.

BACA ARTIKEL
Bandung Raya, Wilayah Paling Rawan Kasus Alkohol Ilegal

Fakta Alkohol
Bandung Raya, Wilayah Paling Rawan Kasus Alkohol Ilegal

Angka kematian korban oplosan di Bandung 5x lebih tinggi dibanding rasio nasional. Kok bisa? Baca artikel berikut ini.

BACA ARTIKEL
Balada Oplosan dan Minimarket

Fakta Alkohol
Balada Oplosan dan Minimarket

Kalau dulu beli minuman alkohol bisa ke minimarket, gimana dengan sekarang? Lalu, seperti apa efeknya ke masyarakat?

BACA ARTIKEL