Fakta Alkohol

P3K: Pertolongan Pertama pada Keracunan Oplosan

Jangan panik, cek pertolongannya berikut

Stop Oplosan

Ada yang belum tahu bedanya minuman beralkohol oplosan dengan yang legal dan aman. Ada juga yang udah tahu minuman yang kamu kenal juga dengan miras oplosan ini, tapi nggak takut sama efeknya. Tapi, kalau ada teman yang terlanjur minum oplosan gimana? Kebayang juga nggak, bakal seperti apa efeknya ke tubuh kita sendiri? Kalau kita mengonsumsi metanol, apakah reaksinya akan sama atau beda untuk masing-masing orang?

Menurut dr. Hendro, dokter dari Rumah Cemara, jika seseorang mengonsumsi metanol dalam jumlah 10 mililiter saja sudah bisa menimbulkan kebutaan. Apalagi kalau lebih dari itu, kematian atau cacat seumur hidup bisa terjadi.

Terus gimana caranya kita tahu kalau seseorang keracunan oplosan atau alkohol metanol? Nggak mau kan nambah korban lagi, apalagi kalau korbannya teman atau keluarga sendiri. Inget, dari tahu 2008 sampai tahun 2018 aja sudah lebih dari 1300 orang.

Nah, berikut cek tanda-tanda orang keracunan alkohol metanol dan juga cara menanganinya dari dr. Hendro!

 

Apa aja tanda-tandanya

- Kesadaran menurun.

- Emosinya berubah, seperti menjadi lebih agresif.

- Mengalami sesak nafas.

- Gangguan keseimbangan.

- Nggak perhatian dan kurang fokus.

 

infografis stop oplosan-01

Bagaimana Pertolongannya?

Setelah memahami gejala-gejalanya, kamu bisa melakukan pertolongan pertama yang bersifat sementara.

1. Buka jalan pernafasan korban

Longgarkan sabuk dan kerah baju, agar jalan pernafasan korban tidak terhambat.

2. Diberi obat pencernaan (norit), supaya racunnya keluar dulu.

Pemberian norit akan membersihkan lambung korban. Tapi, untuk mengurangi racun dalam tubuh dan mencegah dehidrasi, korban juga harus diberikan air putih yang banyak.

3. Hubungi tenaga kesehatan, ambulans, atau rumah sakit terdekat.

Korban miras oplosan harus secepatnya mendapat penanganan secara tepat. Hemodialisis atau cuci darah harus dilakukan. Sayangnya, nggak semua layanan kesehatan bisa dan punya alat untuk melakukan prosedur ini.

Tapi, kalau ragu untuk memberikan pertolongan atau keadaan korban semakin memburuk, segera hubungi ambulans atau rumah sakit terdekat, ya.

Ternyata, minuman oplosan punya dampak kesehatan dalam jangka panjang yang merugikan banget. Mending nggak usah coba-coba, deh! Minum yang pasti-pasti aja. Kalau kamu tempat yang jualan minuman oplosan, segera lapor di sini, supaya korban oplosan nggak bertambah banyak!

 

Sumber:  

Artikel Lainnya

Miras Oplosan: Buah Pelarangan Minuman Beralkohol ala Zaman Penjajahan

Fakta Alkohol
Miras Oplosan: Buah Pelarangan Minuman Beralkohol ala Zaman Penjajahan

Korban tewas akibat minuman oplosan bertambah. Baru saja tersiar kabar bahwa empat anak muda di Tasikmalaya meninggal akibat pesta miras oplosan dengan kandunga

BACA ARTIKEL
Oplosan: Buah Pelarangan Minuman Beralkohol ala Zaman Penjajahan

Fakta Alkohol
Oplosan: Buah Pelarangan Minuman Beralkohol ala Zaman Penjajahan

Ternyata, minuman oplosan sudah ada di Indonesia sejak zaman penjajahan. Cek faktanya berikut ini!

BACA ARTIKEL
Harus Tahu! Ini Dia Fakta tentang Legalisasi Cap Tikus di Indonesia

Fakta Alkohol
Harus Tahu! Ini Dia Fakta tentang Legalisasi Cap Tikus di Indonesia

Minuman alkohol tradisional, Cap Tikus, kini sudah legal! Ayo, cari tahu fakta-faktanya berikut.

BACA ARTIKEL
Bandung Raya, Wilayah Paling Rawan Kasus Alkohol Ilegal

Fakta Alkohol
Bandung Raya, Wilayah Paling Rawan Kasus Alkohol Ilegal

Angka kematian korban oplosan di Bandung 5x lebih tinggi dibanding rasio nasional. Kok bisa? Baca artikel berikut ini.

BACA ARTIKEL
3 Tips Sebelum Nongkrong dengan Aman

Fakta Alkohol
3 Tips Sebelum Nongkrong dengan Aman

Baca dulu tips-tips nongkrong berikut supaya tetep bisa gaul bertanggungjawab

BACA ARTIKEL