Pertanyaan yang Sering Muncul

Sering bertanya bukan kaya wartawan, tapi bisa bikin kamu dan teman-teman kamu terhindar dari oplosan.

Apa itu Stop Oplosan?

Stop Oplosan adalah sebuah kampanye yang dinisiasi oleh Center for Indonesian Policy Studies dan didukung oleh organisasi, swasta dan masyarakat yang peduli akan bahaya minuman beralkohol oplosan bagi kesehatan masyarakat, terutama anak muda. Kampanye ini bertujuan untuk megedukasi bahaya minuman beralkohol (minol) oplosan dan mencegah disahkannya Rancangan Undang-Undang Minuman Beralkohol.

Kenapa menolak kebijakan yang pelarangan atau pembatasan peredaran minol, bukannya bisa mengurangi angka korban minol?

Sebab, pelarangan minol atau di masyarakat lebih dikenal dengan miras (minuman keras), malah menimbulkan munculnya minol ilegal, salah satunya oplosan. Jenis minol ini lebih bahaya bagi kesehatan dari minol legal karena banyak terbuat dari metanol, dan barang yang tidak layak dikonsumsi seperti losion anti nyamuk dan aseton. Orang yang minum bisa mengaami kebutaan sampai meninggal dunia. Selain, itu jenis minol ini lebih murah dan mudah ditemukan daripada minol legal.

Siapa saja yang bisa gabung ke dalam kampanye Stop Oplosan?

Siapa saja dong. Organisasi nirlaba, pemerintah, swasta, dan kamu juga bisa. Caranya tinggal kirim email ke ayostopoplosan@gmail.com dengan subyek “Gabung Kampanye Stop Oplosan”. 

Apa fungsi dari situs Stop Oplosan ini?

  • Sebagai wadah edukasi mengenai bahaya minuman beralkohol oplosan 

  • Tempat pemantauan kebijakan pemerintah terkait peredaran minuman beralkohol di Indonesia.

  • Pelaporan kejadian pengoplosan yang berasal dari media dan laporan masyarakat.

Apa kampanye ini mendukung individu untuk konsumsi minuman beralkohol?

Kami mendukung kebebasan individu untuk memilih apa yang mereka konsumsi asalkan sesuai usia yang dianjurkan oleh pemerintah, yaitu 21 tahun ke atas, dan minum minol legal.

Bagaimana caranya melaporkan ada kejadian pengoplosan alkohol di lingkungan saya?

Kamu bisa menggunakan fitur Lapor Oplosan, dengan mengisi formulir yang tersedia di sini. Kami tidak akan membagikan data pelapor atas seizin yang melapor. Namun, area dan cerita yang dimasukkan akan kami bagi ke pihak yang berwenang seperti polisi dan pemerintah terkait untuk diverifikasi dan tindaklajuti. 

Pada fitur Lapor Oplosan, apa data pelapor akan disebarluaskan?

Tidak. Data yang dilaporkan akan dirahasiakan oleh pengelola situs ini dan akan digunakan sesuai dengan persetujuan dengan pelapor.

Punya pertanyaan, kritik atau saran?

Kamu bisa kirim surel ke ayostopoplosan@gmail.com